Labels

Selasa, 15 April 2014

Jenis-Jenis Virus Hepatitis

Posted by Penyakit Hepatitis

 
Hepatitis biasanya terjadi karena virus, yaitu hepatitis A, B, C, D atau E. Ini juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, sperti mononukleosis infeksiosa, demam kunig dan infeksi sitomengalovirus. Penyebab hepatitis nonvirus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan. Dapat dikatakan bahwa penyakit hepatitis disebabkan oleh 3 faktor, yakni virus, alkohol dan obat-obatan tertentu.

Berikut ini ada beberapa macam virus hepatitis yang berasal beberapa jenis hepatitis, diantaranya :

1. Virus hepatitis A
Virus hepatitis A terutama menyebar melalui feses yang berasal dari sisa metabolisme tubuh yang dikeluarkan melalui anus. Penyebaran ini terjadi akibat buruknya tingkat kebersihan. Di negara-negara berkembang sering terjadi wabah yang penyebarannya terjadi melalui air dan makanan.

 

Gambar : virus hepatitis A

2. Virus hepatitis B

Penularannya tidak semudah virus hepatitis A. Virus hepatitis B ini ditularkan melalui darah atau produk darah. Biasanya terjadi di antara para pemakai obat yang menggunakan jarum suntik bersama-sama, atau di antara mitra seksual, baik heteroseksual maupun homoseksual. Ibu hamil yang terinfeksi hepatittis B bisa menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan.
Didaerah Timur jauh dan Afrika, beberapa kasus hepatitis B berkembang menjadi hepatitis menahun, sirosis, dan kanker hati.

 
Gambar : virus hepatitis B


3. Virus hepatitis C

Virus hepatitis C paling sering ditularkan melalui pemakai obat yang menggunakan jarum bersama-sama. Jarang terjadi penularan melalui hubungan seksual, Untuk alasan yang masih belum jelas, penderita oenyakit hati dan alkoholik sering kali menderita hepatitis C.

Semoga bermanfaat untuk anda semua :)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Popular Posts

Blogger news

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.